Rabu, 08 Maret 2017

Pengalaman Pribadi dalam Komunikasi

Komunikasi menjadi hal penting bagi setiap insan sebab komunikasi membantu seseorang dalam memenuhi kebutuhan. Kebutuhan yang dimaksud disini adalah saat kita merasa sedih ataupun gembira, pasti akan membutuhkan sebuah obrolan dengan orang lain untuk dapat mengungkapkan perasaan kita, yang harapannya akan memberikan kita sebuah kenyamanan atau kehangatan bahkan dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik.
Komunikasi dapat berupa verbal dan non verbal. Hampir semua orang pasti telah  mengalami kedua komunikasi tersebut, sebab komunikasi tersebut kita gunakan setiap hari. Biasanya komunikasi dianggap efektif apabila ada feedback atau respon dari komunikan (penerima pesan), entah itu sebuah lisan atau hanya sekedar gerakan tubuh.
Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang paling banyak digunakan manusia, karena penyampaian pesannya menggunakan kata-kata, baik tulisan maupun lisan. Pengalaman pribadi saya saat menggunakan komunikasi verbal secara lisan, yaitu saling tukar pikiran dalam membahas kehalalan suatu produk coklat serbuk merk X dengan seseorang. Disitu kami saling menyampaikan fakta yang kami ketahui dari beberapa sumber lewat lisan (berbicara). Pengalaman lain saat menggunakan komunikasi verbal secara tertulis, yaitu disaat saya menanyakan beberapa tugas kuliah (lewat chatting) kepada seseorang, kemudian kami saling berbalas pesan.
Sedangkan komunikasi nonverbal merupakan kebalikan dari komunikasi verbal, sebab penyampaian pesannya tidak menggunakan kata-kata, namun dengan gerakan tubuh. Komunikasi ini sangat menarik, sebab memerlukan kepekaan untuk memahami isi informasi yang disampaikan. Gerakan tubuh yang dimaksud ialah ekspresi wajah, kontak mata, serta simbol-simbol. Pengalaman komunikasi nonverbal saya yaitu ada seseorang yang menceritakan kebohongan kepada saya, maka saya hanya tersenyum kepadanya sebab saya tahu cerita yang sebenarnya. Harapannya senyuman tersebut menandakan bahwa saya memperhatikan dan mendengar ceritanya.
Ada juga komunikasi yang menggabungkan keduanya, yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Penyampaian komunikasi tersebut menggunakan bahasa lisan dan gerakan tubuh. Contoh pengalaman pribadi saya saat dijalan, ada seseorang bertanya arah rumah sakit X, karena saya tidak tahu maka saya menggelengkan kepala serta  mengucapkan kata “maaf, saya tidak tahu”. Kedua, saat teman saya akan meninggalkan rumah saya, maka saya melambaikan tangan dan mengucapkan “hati-hati dijalan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar